Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 2020 + Google Calendar

hari raya merdeka

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 2020

 

17 Agustus merupakan hari paling penting bagi bangsa Indonesia, hari yang jatuh pada hari Senin, 17 Agustus 2020 tersebut merupakan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Indonesia sendiri dipastikan merdeka pada 17 Agustus 1945 dimana Indonesia berhasil mengusir penjajah yang menguasai Indonesia pada masa perang, hari kemerdekaan Republik Indonesia sendiri membuat masyarakat Indonesia merayakannya dan banyak tradisi tradisi yang dilakukan oleh rakyat Indonesia untuk merayakan hal tersebut.

Tanggal 17 Agustus merupakan hari bersejarah bagi Indonesia dan karena itu rakyat Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan dengan berbagai acara, karena pada 17 Agustus 1945, proklamator Ir. Soekarno dan M. Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia kepada dunia.

Proklamasi kemerdekaan tersebut didapatkan ketika terjadi peristiwa peralihan kekuasaan dari Jepang kepada Sekutu. Peralihan tersebut dilakukan oleh Soekarno dan Hatta dengan memanfaatkan kekosongan kekuasaan yang tengah terjadi setelah Jepang kalah pada Perang Dunia II.

Pembacaan Teks Proklamasi Di Hari Kemerdekaan 17 Agustus 1945

Setelah melakukan rapat di rumah Laksamana Maeda yang berlangsung hingga dini hari, dari hasil rapat didapatkan keputusan kalau Soekarno adalah orang yang akan membacakan teks proklamasi, dan ditandatangani Soekarno dan Hatta yang mengatasnamakan Indonesia.

Pembacaan teks proklamasi ini juga dilakukan pada pukul 10.00 di kediaman Soekarno yang beralamat di Jl. Pegangsaan Timur 56. Pembacaan teks proklamasi disertai dengan pidato tanpa teks oleh Soekarno, acara kemudian diteruskan dengan upacara pengibaran bendera merah putih yang sebelumnya dijahit oleh Fatmawati. Mengiringi upacara pengibaran bendera adalah lagu Indonesia Raya yang diciptakan oleh W.R. Soepratman.

Untuk memperingati hari kemerdekaan, Rakyat Indonesia sendiri akan melakukan beragam acara. Seperti di Istana Negara dimana secara rutin akan dilakukan upcara kemerdekaan, dan di berbagai daerah, masyarakat juga ikut berlomba untuk memeriahkan perayaan 17 Agustus dengan berbagai lomba tradisional.

Lomba tradisional yang biasa dipilih oleh masyarakat Indonesia adalah seperti lomba panjat pinang, lomba makan kerupuk, lomba balap karung, dan juga banyak lagi lomba-lomba lainnya, hal ini di-adakan biasanya oleh lingkungan kantor maupun di sekolah dimana perayaan tersebut wajib dilakukan di setiap 17 Agustus karena sudah menjadikan tradisi, selain itu, mereka biasanya juga melakukan upacara 17 Agustus untuk mengingat dan mengenang kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus.

Demikian artikel mengenai hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2020 ini.

Merdeka !!!