Hari Lahir Pancasila 2020 + Google Calendar

Pancasila

Hari Lahir Pancasila 2020

 

Hari lahir Pancasila pada tahun 2020 kali ini akan jatuh pada hari Senin, 1 Juni 2020.

Tanggal 1 Juni yang selalu menjadi hari lahir Pancasila ini memiliki sejarah sebelum ditentukan pada tanggal 1 Juni.

Tanggal 1 Juni 2020 nanti bangsa Indonesia akan merayakan hari lahir Pancasila 2020, dan hal tersebut juga menjadi hari libur nasional sejak tahun 2016, hal ini ditetapkan berdasarkan beberapa pertimbangan, dari mulai sisi sejarah hingga tokoh pencetusnya.

Fakta di Balik Lahirnya Hari Pancasila

Pancasila sendiri sebenarnya adalah fondasi Indonesia, ideologi negara, lambang kedaulatan bangsa, meski begitu, hari Pancasila sendiri sempat tidak ada selama tiga dekade, dan berikut sejarah-nya.

  • Pancasila Hasil Pemikiran Ir. Soekarno

Tanggal 14 Januari 1934, Bung Karno menjadi tahanan politik selama empat tahun, dirinya menjalani hukumangan pengasingan di Ende, Flores, dimana pada saat itu, Bung Karno menemukan mengenai lima butir mutiara.

Lima butir mutiara tersebut menjadi asal muasal pemikiran tentang Pancasila, dalam autobiografi, dirinya mengakui gagasan Pancasila terlintas saat merenung di bawah pohon sukun.

Tetapi, Bung Karno tidak pernah mengatakan bahwa dirinya adalah penemu Pancasila, dirinya hanya mengatakan bahwa dirinya menggali tradisi bangsa Indonesia di masa lalu.

  • Kelahiran Pancasila Berlatan Belakang Pidato Ir. Soekarno

Bung Karno mengatakan pemikirannya tentang Pancasila saat berpidato di sidang BPUPKI, pidatonya berlangsung pada tanggal 1 Juni 1945. Pidatonya sendiri berlangsung pada saat itu dimana dirinya mengatakan lima dasar negara yakni KeTuhanan Yang Maha Esa, kebangsaan Indonesia, internasionalisme dan perikemanusiaan, mufakat dan demokrasi, serta kesejahteraan sosial.

Seusai menyepakati usulan lima dasar negara tersebut, BPUPKI segera membentuk panitia kecil dimana tugas panitia ini merumuskan dan menyusun UUD berdasarkan pidato Bung Karno.

Panitia yang dibentuk BPUPKI terdiri dari sembilan orang, salah satunya adalah Ir. Soekarno, selain itu ada Moh. Yamin, Moh. Hatta, Wahid Hasyim, Sutardjo Kartohadikusumo, Otto Iskandar Dinata, Ki Bagoes Hadikoesoemo, dan juga AA Maramis.

  • Hari Lahir Pancasila Dijadikan Libur Nasional Pada Tahun 1964

Pancasila sendiri sudah dikenal oleh bangsa Indonesia sejak pidato Bung Karno pada 1 Juni 1945, hari lahir Pancasila dijadikan sebagai libur nasional baru 20 tahun kemudian berdasarkan persetujuan presiden pada tanggal 1 Juni 1964.

Pengumuman ketetapan tersebut dicetak di surat kabar nasional yang akhirnya dijadikan hari libur nasional pada saat itu.

  • Dilarang pada Orde Baru

Banyak hal yang berubah di Indonesia sejak tragedi G30S-PKI, dimana salah satunya peringatan hari lahir Pancasila dihapus oleh Presiden Soeharto pada saat itu.

Beberapa sumber mengatakan penghapusan tersebut merupakan upaya untuk menyingkirkan Ir. Soekarno, banyak yang ingin menghilangkan nama Soekarno dari ingatan Bangsa ini.

Tokoh di Balik Lahirnya Hari Pancasila

Berikut adalah tokoh di balik lahirnya hari Pancasila yang akan kita rayakan pada 1 Juni 2020 nanti:

  • Ir. Soekarno
  • Mohammad Yamin
  • Dr. Soepomo
    Dr. Soepomo berasal dari keluarga priyayi yang lahir di Sukoharjo, Jawa tengah. Beliau mudah mendapatkan akses ke pendidikan tinggi, yaitu di Bataviasche Rechtsschool di Batavia pada tahun 1923.
    Sesuai keputusan BPUPKI, Dr. Soepomo dipilih menjadi salah satu anggota panitia sembilan bersama Ir. Soekarno dan Mohammad Yamin. Beliau berpidato di sidang BPUPKI pada tanggal 31 Mei 1945 untuk mengungkapkan gagasannya. Berikut ini gagasan lima asas Pancasila versi Dr. Soepomo.

    1. Persatuan
    2. Kekeluargaan
    3. Keseimbangan lahir batin
    4. Musyawarah
    5. Keadilan rakyat

 

Demikian hal hal mengenai peringatan hari Lahir Pancasila, sejarah, fakta, serta tokoh yang membuat hari lahir Pancasila hingga saat ini masih tetap di hati kita dan menjadi jati diri bangsa Indonesia.

Selamat Hari Lahir Pancasila 2020 untuk kita semua !

Related HariLibur

Hari Lahir Pancasila 2019