Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah + Google Calendar

Hari Raya Idul Adha

Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah jatuh pada tanggal 31 Juli 2020. Hari ini adalah hari yang penting bagi umat Islam di Indonesia. Idul Adha biasa juga disebut dengan Lebaran Haji atau Idul Qurban. Bukan hanya di Indonesia, Idul Adha juga hari besar yang dirayakan umat islam di seluruh dunia dengan perayaan yang beragam. Yang identik dilakukan saat Idul Adha adalah berkurban, kenapa demikian? Qurban dipercaya Allah memberikan kesempatan kepada umat Islam untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Bagi umat muslim yang belum mempunyai kesempatan untuk perjalanan haji. Maka diberikan kesempatan untuk bekurban dengan menyembelih hewan qurban sebagai symbol kencintaannya kepada Allah.

 

Dalam setiap tahun Idul Adha memang jatuh pada tanggal yang berbeda, karena Idul Adha sendiri ditentukan dengan penanggalan Hijriah, bukan penanggalan Masehi. Oleh karena itu Idul Adha pada tahun ini dijatuhkan pada tanggal 31 Juli 2020. Mau tahu keunikkan lainnya saat Idul Adha? Ini dia!

 

  • Indonesia

Di Indonesia, para umat islam umumnya selalu berusaha untuk bekurban sapi, kambing atau domba. Hewan – hewan tersebut dipotong sambil membacakan takbir, semua masyarakat antusias melihat proses pemotongan hewan kurban. Setelah dipotong, daging kurban tersebut diolah menjadi santapan yang lezat, seperti ketupat sayur, sate, sup atau gulai

 

  •    India

Umat muslim si India juga menyembelih hewan kurban, namun di India kebanyakan mereka memilih hewan kurban kambing atau domba, hal ini dikarenakan menghormati yang beragama Hindu. Ketika mendapat hewan kurban, muslim di India mengolah tersebut menjadi Nalli Nihari, makanan khas India dengan daging yang dimasak dengan waktu yang agak lama. Isinya berbagai macam, ada daging dan berbagai macam sayuran ditambah dengan daun ketumbar sebagai penyedap rasa.

 

  •   Pakistan

Lebih lama dibanding di negara lain, di Pakistan biasanya merayakan Idul Adha selam 4 hari. Mereka yang berdagang dan memiliki toko, biasanya menutup tokonya dan lebih fokus untuk ibadah dan berkurban. Lalu membagikan hewan kurbannya kepada saudara, kerabat dan temannya.

 

  • Arab

Bisa dibilang Arab menjadi salah satu negara yang paling meriah saat merayakan Idul Adha. Dengan pakaian barunya mereka mengunjungi keluarga dan melakukan silaturahmi ke kerabat. Lalu para tamunya disediakan berbagai makanan seperti kurma khas Arab.

 

  •    China

Walaupun bukan negara Islam, bukan berarti negara ini tidak menghormati umat muslimnya. Bahkan di China merayakannya dengan malam takbiran selama 4 hari berturut – turut. Dari sejak hari pertama mereka melakukan tadarus, melantunkan puji – pujian dan berkumpul sesame muslim. Dan selama 4 hari berturut – turut juga mereka saling bertukar bingkisan.

 

  •  Inggris

Di Inggris, mereka menjalankan sholat Idul Adham dan bersilaturahmi dengan hidangan berbagai jenis. Saat Idul Adha juga mereka bisa menemukan berbagai sajian khas Timur, seperti nasi biryani, kebab dan Haleem. Ada juga hidangan manis khas Turki yaitu baklava.

 

Related HariLibur

Idul Adha 2019
Idul Adha 2019
12 Agu 2019