Hari Raya Nyepi 2020 + Google Calendar

nyepi

Hari Raya Nyepi

Hari Raya Nyepi yang akan jatuh pada tanggal 25 Maret 2020 dan hari Rabu biasanya akan dilakukan dengan beberapa upacara yang dimulai dari Melasti untuk menyucikan diri hingga melakukan pawai ogoh-ogoh atau Tawur Agung.

Indonesia sendiri memiliki satu hari Raya berbeda dengan kawasan lain di seluruh dunia. Perayaan itu adalah Nyepi yang dilakukan setahun sekali di Bali dan beberapa daerah lain di Indonesia yang memiliki penduduk mayoritas Hindu. Mereka sendiri merayakan Nyepi untuk menyambut tahun baru Saka yang jika dibandingkan dengan tahun Masehi berbeda 78 tahun.

Dalam perayaan hari raya tersebut, Nyepi menjadi sesuatu ciri khas yang berbeda, bahkan masyarakat dunia tertarik dan akhirnya akan datang ke Bali untuk menikmati suasana Pulau Dewasa yang seperti tidak ada penduduknya sama sekali tersebut.

Dan untuk itu, akan ada rangkaian beberapa upacara perayaan hari raya Nyepi dimana Nyepi sendiri memang dirayakan dengan melakukan beberapa rangkaian yang seperti pati geni yang dimaksudkan untuk tidak menggunakan api dalam bentuk apapun entah buat menerangi sesuatu atau untuk memasak. Pati Karya, Pati Karya sendiri adalah hal untuk tidak bekerja dan hanya berdiam diri di rumah untuk bersemedi atau merenung. Pati lelungan diartikan tidak berpergian, dan terakhir Pati Lelanguan diartikan sebagai berhenti bersenang-senang.

Selain melakukan empat macam pati di atas, masyarakat juga akan melakukan beberapa upacara seperti dibawah ini:

  • Upacara Melasti

Upacara ini dilakukan dengan menyucikan diri sebelum menyambut Nyepi yang merupakan tahun baru Saka. Upacara tersebut dilakukan dengan menyucikan diri seperti mandi di beberapa sumber air, sungai, atau laut. Tempat air yang disucikan tersebut biasanya digunakan untuk menyucikan diri.

Upacara tersebut mirip dengan tradisi mandi sebelum puasa atau sebelum lebaran di kalangan masyarakat Islam. Yang akan membedakan adalah beberapa umat Hindu akan mengambil air dari berbagai sumber untuk menyucikan diri dan juga dari hal hal yang bersifat duniawi.

  • Pemujaan

Setelah menyucikan diri petirtaan atau laut, masyarakat Hindu akan berkumpul di Pura atau Balai Agung yang berada di daerah mereka masing-masing. Penyucian akan dilakukan kembali oleh pemangku agama dengan mencipratkan air suci.

Upacara ini juga akan dilanjutkan dengan aneka doa sebelum berlanjut ke upacara lanjutan dan memulai Nyepi di dalam rumah mereka masing-masing.

  • Tawur Agung

Tawur Agung merupakan rangkaian upacara yang dinantikan oleh banyak orang termasuk masyarakat non-Hindu. Perayaan ini akan membuat masyarakat Hindu per desa atau daerah akan membuat boneka raksasa besar atau yang sering disebut dengan ogoh-ogoh. Perayaan ini menggunakan ajang kreativitas mereka sebelum mereka melakukan aneka puasa pada esok hari-nya.

  • Nyepi

Nyepi merupakan acara utama dari rangkaian upacara Melasti hingga Tawur Agung, hal ini biasanya akan membuat orang lebih banyak berada di rumah sejak pukul 06 pagi hingga 06 pagi esok hari-nya, dan pada perayaan Nyepi ini pemeluk agama Hindu tidak akan menyalakan api, bersenang-senang, berpergian, dan akan lebih banyak berada di rumah.

  • Ngembak Geni

Setelah hari Raya Nyepi, masyarakat Hindu akan mengunjungi rumah saudara atau tetangga sekitar, sama seperti Idul Fitri maupun Natal dan juga Imlek, akan ada banyak hidangan kue dan makanan di rumah untuk dapat dinikmati bersama-sama dengan banyak orang.

 

Selamat Hari Raya Nyepi 2020, Selamat Tahun Baru Saka