Hari Raya Waisak 2564 + Google Calendar

Waisak 2564

Hari Raya Waisak 2564

 

Hari Raya Waisak adalah hari raya agama Buddha yang sebenarnya berasal dari kata “Waisak“ sendiri dari Bahasa Pali “Vesakha” dan Bahasa Sansekerta disebut “Vaisakha”.

Sebenarnya Vesakha sendiri diambil dari nama bulan kalender buddhis yang biasanya jatuh pada bulan Mei. Meskipun terkadang Waisak terjadi pada bulan April atau awal bulan Juni.

 

Pada hari Waisak ini ada tiga tahap yang sangat penting di dalam kehidupan Buddha yang diperingati dalam perayaan tersebut, yaitu kelahiran, tahap pencerahan dan kematian. Inilah yang disebut tahap Trisuci Waisak, yang berdasarkan kalender tradisional jatuh pada hari yang sama. Tak berbeda dengan hari raya lainnya, pastinya di Hari Raya Waisak ini juga merayakan beberapa perayaan besar, dan berbeda – beda disetiap negara. Banyak ritual dan tradisi unik untuk merayakan hari ini, apa sajakah ritual dan tradisi tersebut?

 

  1. Indonesia

Di Indonesia, perayaan ini dirayakan dengan meriah dan juga unik. Dengan dibaginya 3 bagian acara, yaitu pengambilan air berkat dari mata air Jumprit di Kabupaten Tenmanggung, lalu menyalakan obor dengan sumber api abadi di Mrape, Kabupaten Groboga. Lalu dilanjutkkan dengan ritual “Pindapatta”, ritual yang diberikan secara khusus kepada masyarakan untuk berbuat kebajikan dimana mereka diberi kesempatan untuk memberi dana makanan kebada para Bikkhu dan Bikshu. Yang terakhir adalah ritual “Samadhi” yang dilakukan pada detik – detik menjelang bulan purnama. Biasanya juga saat malam hari di Candi Borobudur, di mana umat Buddha akan berkumpul dan menyalakan lilin dan memasukkannya ke dalam lentera. Lentera tersebut lalu akan diterbangkan ke langit sebagai harapan baru dalam hidupmu.

 

  1. Taiwan

Di negara Taiwan, para umat Buddha merayakannya dengan cara menuangkan air suci ke patung Buddha, hampir sama dengan pelepasan lentera yang dilakukan di Indonesia, ini mengartikan sebuah awal baru di dalam kehidupan. Memang terbilang sederhana perayaan di Taiwan, namun ini salah satu sarat akan makna dan membentuk rasa bersyukur bagi yang merasakan hari Waisak ini.

 

  1. Singapura

Sedangkan di Singapura, para masyarakatnya merayakan Hari Waisak dengan cara yang unik, yaitu melepas burung dari sangkarnya ke udara. Makna dari pelepasan burung ini adalah melambangkan datangnya hari yang baru dan menjadi perayaan nilai – nilai yang ditinggalkan oleh Buddha bagi umatnya.

Related HariLibur

Hari Raya Waisak 2019
Hari Raya Waisak 2019
19 Mei 2019
Hari Raya Waisak 2018
29 Mei 2018