Idul Fitri 2020 + Google Calendar

Idul Fitri 2020

 

Idul Fitri 2020 diperkirakan akan jatuh pada tanggal 24 Mei 2020 hingga 25 Mei 2020. Umat Muslim di seluruh dunia terutama Indonesia akan merayakan Hari Raya tersebut.

Sebelum hari raya Idul Fitri, umat Muslim akan melakukan puasa untuk menahan hawa nafsu dan menahan lapar dan juga haus di bulan Ramadhan, meski begitu, mungkin belum semua orang mengetahui apa itu Idul Fitri dan kapan kali pertama hari raya tersebut berlangsung.

Sejarah Hari Raya Idul Fitri

Sebelum ajaran Islam diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW di Makkah, masyarakat Jahiliyah Arab sudah memiliki dua hari raya yaitu Nairuz dan Mahrajan.

Dan menurut Ensiklopedia Islam, hari raya Idul Fitri atau yang lebih sering kita dengar sebagai Lebaran untuk kali pertama dirayakan umat Islam selepas Perang Badar pada 17 Ramadhan Tahun ke-2 Hijriyah.

Di pertempuran tersebut, umat Islam meraih kemenangan dimana sebanyak 319 kaum Muslim berhadapan dengan 1.000 tentara dari kaum Quraisy. Dan pada tahun itu, Rasulullah SAW dan para sahabat merayakan dua kemenangan yakni keberhasilan mereka mengalahkan pasukan Quraisy dalam Perang Badar dan menaklukkan hawa nafsu setelah sebulan berpuasa.

Ungkapan “Minal Aidin wal Faizi” merupakan ungkapan doa kaum Muslim pada saat itu, dan menurut sebuah riwayat, Nabi SAW dan para sahabat menunaikan Shalat Id pertama dalam kondisi luka yang masih belum pulih yang dikarenakan Perang Badar.

Tradisi Hari Raya Idul Fitri

Di Indonesia, hari raya Idul Fitri memiliki tradisi yang tentu saja tidak kalah menarik dengan hari raya lain-nya, berikut tradisi-nya:

  • Main Petasan

Meski banyak larangan menyalakan petasan, tradisi ini belum meluntur, beberapa daerah masih melakukan hal tersebut saat Lebaran. Hanya saja bentuknya berbeda-beda.

Ada pula daerah yang mengganti petasan dengan menyalakan kembang api. Benda ini dinilai lebih aman karena tidak mengeluarkan ledakan.

  • Selalu ada ketupat dan opor

Lebaran di Indonesia identik dengan ketupat, di setiap kawasan dimanapun, akan selalu menghadirkan makanan sejenis ketupat saat Idul Fitri, semisal lontong, ketupat, dan buras.

Sebagai pelengkap, ketupat akan disajikan bersama opor ayam, makanan tersebut terbuat dari bahan daging ayam yang dicampur dengan kuah santan. Soal rasa, gurih, legit, dan sedikit manis maka itu akan selalu menjadi ciri khas Idul Fitri di Indonesia.

  • THR

Hanya di Indonesia yang memiliki tradisi seperti ini dimana di setiap Idul Fitri ada pembagian tunjangan hari raya atau yang sering disebut dengan THR. THR diberikan oleh instansi pemerintah maupun swasta kepada karyawan, meski begitu beberapa perusahaan kecil dan toko juga kerap memberikan THR.

THR sendiri sebenarnya bisa dibilang sebagai bonus tahunan dalam jumlah tertentu, tetapi di luar gaji pokok.

 

Selamat hari raya Idul Fitri 2020 bagi anda yang merayakan

Related HariLibur

Idul Fitri 2019
Idul Fitri 2019
04 Jun 2019 - 05 Jun 2019