Isra Miraj 2019 + Google Calendar

isra miraj 2019

Isra Miraj 2019 jatuh pada hari Rabu, 3 April 2019

Isra Miraj adalah peristiwa perjalanan satu malam dari Nabi Muhammad ke Masjidil Aqsa hingga ke langit ketujuh.

Masyarakat Islam di Dunia mengenal Isra Miraj sebagai hari paling sakral di antara upacara keagamaan lainnya. Pada hari tersebut Nabi Muhammad yang merupakan Rasul pembawa Agama Islam melakukan perjalanan malam yang bisa dibilang penuh keajaiban. Berikut kisahnya serta tradisi Isra Miraj di Indonesia.

Sejarah Isra Miraj

Isra Miraj terjadi pada tahun 621 M. Malam hari saat Nabi Muhammad tertidur setelah mendapatkan dua peristiwa buruk dalam hidupnya, perjalanan hebat hingga tembus langit ketujuh terjadi. Istri beliau, Siti Khadijah dan paman beliau Abu Thalib meninggal dunia. Berdasarkan cerita dari Nabi Muhammad, beliau melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsa di Yerusalem (Isra). Perjalanan ini harusnya berjalan cukup lama, tapi karena mengendarai buraq, perjalanan menjadi sangat cepat.

Setelah melakukan perjalanan ke Yerusalem, Nabi Muhammad melanjutkan lagi perjalanan ke langit atau Sidratul Muntaha (Miraj). Saat perjalanan ini berbagai kejadian hebat terjadi termasuk bertemu dengan nabi-nabi pendahulu beliau seperti Ibrahim.

Perayaan Isra Miraj di Indonesia

Karena Islam masuk ke Indonesia dengan membaurkan diri bersama tradisi setempat, beberapa tradisi seperti Isra Miraj pun terlihat unik meski esensi dari perayaan atau upacara tetaplah sama yaitu mengenang perjalanan ajaib Nabi Muhammad hingga langit ke tujuh. Berikut beberapa perayaan khas yang kerap dijadikan sebagai salah satu agenda wisata.

  1. Perayaan Rejaban di Cirebon
    Rejab adalah nama bulan dalam penanggalan Jawa yang bertepatan dengan perayaan Isra Miraj. Perayaan di kawasan Cirebon khususnya di Keraton Kasepuhan dilakukan secara meriah dengan mengusung konsep tradisional Jawa dan juga Islam yang sudah membaru menjadi satu.
    Perayaan Rejaban yang dilakukan di Cirebon ini biasanya didahului dengan melakukan ziarah ke Plangon. Di sini ada dua makan penyebar Islam terbesar di Cirebon bernama Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan. Dua tokoh ini dianggap penting oleh masyarakat Islam di sana.
    Selanjutnya pihak Keraton Kasepuhan juga akan melakukan pengajian dengan isi perjalanan Nabi Muhammad saat Isra Miraj. Setelah pengajian usai, masyarakat akan bersama-sama menyantap salah satu hidangan khas bernama nasi bogana.
  2. Pengajian Akbar di Temanggung
    Temanggung juga memiliki acara khas untuk menyambut Isra Miraj yang sangat penting untuk umat Islam di seluruh dunia. Pengajian ini dilakukan setelah Isya hingga selesai. Pengajian ini dilakukan dengan membacakan kita Arja yang merupakan karangan K.H. Ahmad Rifai Al-Jawi.
    Kitab yang dikarang oleh ulama asli Indonesia itu mengisahkan Isra Miraj dengan sangat detail. Masyarakat yang berada di pengajian bisa tahu dengan jelas seperti apa peristiwa ajaib yang tidak akan pernah dialami oleh manusia mana pun.
  3. Perayaan Rejaban di Keraton Yogyakarta
    Perayaan Rejaban di Keraton Islam Yogyakarta juga sangat meriah. Perayaan yang sering dinamai Peksi Buroq ini berjalan dengan meraih di Masjid Gede Kauman. Pihak keraton akan mengeluarkan gunungan berisi buah-buahan dan juga sayur ke masjid untuk sama-sama didoakan.
    Acara Peksi Buroq ini dilakukan dengan pengajian seperti biasanya. Kisah Isra Miraj juga dibacakan dengan detail. Setelah acara selesai, gunungan yang dibawa akan dibagikan ke masyarakat yang ikut pengajian sebagai simbol pembagian rezeki dari Sultan ke rakyatnya yang ikut upacara sakral ini.
  4. Perayaan Nganggung di Bangka Belitung
    Masyarakat Islam di Bangka Belitung juga merayakan Isra Miraj dengan caranya sendiri. Di sana, masyarakat akan berkumpul di satu tepat dengan membawa makanan yang diletakkan di dalam dulang atau rantang. Selanjutnya setelah acara berdoa atau ceramah usai, makanan akan saling dibagikan.
    Tradisi ini terus ada dan diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Biasanya acara seperti hantaran atau selamatan dilakukan untuk wujud rasa syukur.
  5. Nyadran Desa di Siwarah
    Nyadran adalah acara mengunjungi makam orang yang dianggap hebat atau dihormati. Di sana akan ada acara tradisional seperti pertunjukan tari, musik, silat, dan beberapa kali doa dalam Bahasa Jawa atau Arab. Semua kebudayaan menyatu untuk merayakan Isra Miraj dengan meriah.
  6. Marhabanan di Bogor
    Acara ini dilakukan dengan melakukan ceramah keagamaan diikuti dengan pertunjukan qasidah. Setelah acara selesai akan ada acara makan bersama dengan hidangan khas Sunda

  7. Tradisi Ambengan di Masyarakat Jawa
    Tradisi Ambengan dilakukan di hampir semua kawasan pedesaan di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Acara ini dilakukan dengan melakukan ceramah keagamaan, doa bersama, dan membawa ambeng atau nasi yang berada di atas batang pisang yang telah dibentuk menjadi nampan.
    Nasi dalam bentuk ambeng ini akan saling ditukarkan agar sama-sama mendapatkan rezeki. Sebagian nasi dimakan di tempat dan sisanya dibawa pulang untuk keluarga yang ada di rumah.
  8. /ol>

    Fakta Unik Isra Miraj

    Untuk mengenal lebih jauh tentang Isra Miraj, simak beberapa fakta uniknya di bawah ini.

    • Perjalanan Isra Miraj terjadi semalam saja, padahal jarak Mekah dan Yerusalem adalah 1.500 km yang kalau itu bisa ditempuh sekitar satu bulan dengan jalan kaki.
    • Isra Miraj adalah peristiwa yang terjadi sebagai pelipur lara atau tasliyah. Nabi Muhammad kehilangan dua orang penting dalam kehidupannya, istri dan paman.
    • Pada Isra Miraj ini Nabi Muhammad mendapatkan perintah untuk melakukan salat 5 waktu yang menjawab kewajiban muslim hingga sekarang.
    • Nabi Muhammad diperlihatkan surga saat Isra Miraj terjadi. Dari sinilah beliau bisa menceritakan nikmatnya surga dan mengerikannya neraka.

    Demikianlah ulasan tentang Isra Miraj 2019 mulai dari sejarah hingga perayaannya di Indonesia. Semoga bermanfaat untuk Anda dan Selamat Merayakan Isra Miraj 2019.

Related HariLibur

Isra Miraj