Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 2020 + Google Calendar

Isra Miraj

Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

 

Hari besar Isra Miraj Nabi Muhammad SAW pada Tahun 2020 jatuh pada tanggal 22 Maret 2020, yang kita ketahui sebaga peristiwa perjalanan nabi dari Masjidil Haram ke Masjid al-Aqsha pada malam hari dan naiknya Nabi Muhammad ke langit dan bertemu Allah, kemudian kembali lagi ke bumi. Singkatnya, Isra Miraj adalah peristiwa perjalanan satu malam Nabi Muhammad ke Masjidil Aqsa hingga ke langit ketujuh. Pada hari besar ini juga diwarnai dengan kegiatan perayaan Isra Miraj yang dilakukan ole human muslim di seluruh dunia. Apa saja tradisi kegiatan perayaan hari besar Isra  Miraj di berbagai kota yang ada di Indonesia?

  1. Tradisi Rajaban, Cirebon

Sebagai kota yang menjadi penyebaran agama Islam, Kota ini wajib mengikuti tradisi ini, yang jatuh pada tanggal 27 Rajab dalam Kalender Hijriah, yaitu Rajaban. Tradisi ini dimana sekumpulan masyarakat datang berziarah ke Plangon, makan dimana penyebar agama Islam, yaitu Pangeran Kejaksaan dan Pangeran Panjunan. Selanjutnya Pihak Keraton akan melakukan pengajian dengan isi perjalanan Nabi Muhammad saat Isra Miraj. Setelah selesai pengajian dilanjutkan dengan hidangan khas Cirebon, yaitu nasi bogana.

 

  1. Perayaan Nganggung, Bangka Belitung

Masyarakat di Bangka Belitung mempunyai cara sendiri untuk merayakannya, yaitu dengan berkumpul di suatu tempat, lalu membawa makanan yang sudah diletakkan di dalam rantang. Mereka akan berdoa dan ceramah, selanjutnya makanan akan saling dibagikan. Tradisi ini sudah menjadi tradisi turun menurun, acara ini sebagai symbol wujud rasa syukur.

 

  1. Marhabanan, Bogor

Seperti umumnya acara Marhabanan, acara ini dilakukan dengan mengikuti ceramah keagamaan dan diiringi dengan pertunjukan qasidah, setelah selesai acara akan ada acara makan makanan khas Sunda.

 

  1. Tradisi Ambengan, Jawa

Tradisi ini selalu dilakukan di hampir semua kawasan pedesaan di Jawa Timur, Jawa Tengan dan Yogyakarta. Dimana dilakukannya ceramah Keagamaan, doa bersama dan membawa ambeng atau nasi yang berada di atas batang pisang sehingga berbentuk menjadi nampan. Lalu nasinya akan saling ditukar untuk menandakan agar sama – sama mendapat tezeki. Sebagian nasi dimakan di tempat, sedangkan sisanya bisa dibawa pulang untuk keluarga yang ada di rumah.

 

  1. Tradisi Kerja Tahun, Sumatera Utara

Masyarakat desa Karo Sumatera Utara mempunyai tradisi tersendiri, ia melakukan semacam pesta panen. Sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah Tuhan. Kerja tahun ini beda – beda waktu penyelenggaraannya setiap desa, yang pastinya sebagian desa di Karo, Sumatera Utara merayakannya menjelang Isra Miraj.

 

  1. Pengajian Akbar, temanggung

Bagi masyarakat Temanggung, hari Isra Miraj adalah hari yang sangat penting, disini akan mengadakan pengajian ini dilakukan setelah Isya hingga selesai. Di dalam pengajian ini akan dilakukan dengan membacakan kita Arja yang merupakan karangan K.H. Ahmad Rifai Al-Jawi. Kitab yang dikarang oleh ulama asli Indonesia itu mengisahkan Isra Miraj secara lengkap. Masyarakat yang berada di pengajian bisa tahu dengan jelas peristiwa yang tidak dialami oleh manusia lainnya.

Demikianlah beberapa tradisi unik menjelang perayaan Isra Miraj 2020 di Indonesia. Selamat Merayakan Isra Miraj 2020!

Related HariLibur

isra miraj 2019
Isra Miraj 2019
03 Apr 2019