Jumat Agung 2019 + Google Calendar

jumat agung 2019

Jumat Agung 2019 jatuh pada hari Jumat, 19 April 2019

Jumat Agung dirayakan untuk memperingati penyalipan dan kematian dari Yesus sebelum bangkit pada hari Paskah.

Jumat Agung atau Good Friday adalah yang penting pada upacara keragaman umat kristiani di dunia termasuk di Indonesia. Pada hari ini, Yesus disalip dan akhirnya meninggal dunia. Pada hari Jumat Agung umat kristiani akan mengenang kematian Yesus bukan sebagai dukacita, tapi sukacita karena pengorbanannya untuk menyelamatkan umat.

Perayaan Jumat Agung terjadi setiap tahun di Indonesia. Perayaan ini juga diikuti juga dengan perayaan Paskah di hari Minggunya. Pada momen ini, umat kristiani akan berkumpul di gereja untuk beribadah dan menghabiskan waktu bersama keluarga untuk makan, mendekorasi telur, hingga melakukan kegiatan amal.

Perbedaan Jumat Agung dan Paskah

Selama ini masyarakat awam Indonesia khususnya yang bukan umat kristiani tidak tahu bedanya Jumat Agung dan Paskah. Dua hal itu dianggap sama padahal berbeda meski saling berurutan. Jumat Agung adalah hari yang diperingati kematian dari Yesus. Kematian Yesus memang tidak dicatat dengan jelas di Alkitab. Namun, berdasarkan beberapa analisis ilmiah, kematian itu diperkirakan pada hari Jumat pada tahun 33 Masehi. Untuk tanggal jelasnya tidak diketahui.

Gereja Barat dan Timur yang ada di Eropa juga memiliki perbedaan terkait penanggalan Jumat Agung. Perbedaan ini terjadi karena dua gereja menggunakan kalender yang berbeda. Gereja pertama menggunakan kalender Gregorius yang baru dan telah disempurnakan sementara gereja lain menggunakan kalender Julius yang tidak dipakai lagi sejak era Paus Gregorius XIII. Jumat Agung adalah waktu saat Yesus melakukan Perjamuan Agung dengan muridnya hingga akhirnya ditemui Yudas dan bala tentara. Yesus akhirnya diadili, diarah keliling kota, disalip, hingga akhirnya meninggal dunia.

Paskah sendiri adalah hari kebangkitan dari Yesus. Perayaan ini dilakukan selisih dua hari dari perayaan Jumat Agung. Pada hari Minggu, masyarakat kristiani akan berkumpul di gereja untuk melakukan misa dan memperingati kebangkitan dari Yesus dengan suka cita. Setiap tahun, penanggalan dari Jumat Agung dan Paskah berbeda-beda. Jumat Agung berdasarkan Gereja Katolik Roma merayakan antara tanggal 19 Maret sampai 22 April dan Paskah antara 22 Maret sampai 25 April.

Gereja Ortodoks Timur memperingati Paskah antara 4 April hingga 8 Mei dan Jumat Agung antara 1 April sampai 5 Mei. Tanggal ini sesuai dengan kalender Gregorius, kalau sesuai kalender Julius yang dipakai Gereja Ortodoks Timur, tanggal tetap sama.

Perayaan Jumat Agung di Indonesia

Perayaan Jumat Agung di Indonesia tidak ada yang khas. Masyarakat kristiani akan lebih banyak menghabiskan hari dengan keluarga dan kerabat di dalam gereja untuk berdoa dan melakukan misa. Biasanya pada acara ini juga diadakan pertunjukan teatrikal terkait dengan penyalipan dari Yesus.

Di beberapa daerah di Indonesia khususnya yang memiliki masyarakat Kristen dan Katolik, perayaan akan berjalan meriah. Pertunjukan teatrikal akan digelar di panggung atau di jalanan. Perayaan Jumat Agung di Nusa Tenggara lebih unik. Karena pernah menjadi daerah jajahan dari Portugis tradisi Jumat Agung pun lebih berwarna. Perayaan ini biasanya dimulai sejak hari Rabu Trewa, masyarakat akan memasang lilin di seluruh kawasan Kota Larantuka. Selanjutnya saat Jumat Agung tepatnya malam hari. Semua lilin akan dinyalakan untuk menerangi para peziarah yang datang. Kota ini akan berubah menjadi kota berkabung lengkap dengan pawai yang membawa arak-arakan perahu yang mengantar Tuan Menino (patung Yesus) dari Sau ke Larantuka.

Perayaan Jumat Agung di Seluruh Dunia

Perayaan Jumat Agung juga banyak dilakukan di dunia khususnya kawasan yang mayoritas penduduknya adalah umat kristiani. Berikut beberapa perayaan Jumat Agung hingga Paskah di Beberapa negara.

  1. Spanyol
    Spanyol memiliki tradisi unik berupa pawai di tengah jalan dengan memanggul salib yang besar. Orang yang membawa salip biasanya memakai jubah panjang seperti pakaian era zaman Yesus.
    Orang yang membawa salip adalah mereka yang menganggap dirinya melakukan banyak kesalahan. Untuk menebus kesalahan tersebut mereka mau memanggul salib dan mengelilingi kota sembari ada aksi teatrikal.
  2. Filipina
    Sebagai salah satu negeri dengan penduduk mayoritas beragam Katolik, tradisi Jumat Agung berjalan dengan sangat hebat dan meriah. Beberapa orang yang tergabung dalam kelompok seni sering memakai kostum untuk melakukan napak tilas peristiwa penyalipan.
    Beberapa aksi terlihat sangat nyata karena orang yang berperan sebagai Yesus terlihat menderita. Beberapa pemain bahkan mempraktikkan penyalipan mirip dengan aslinya sehingga tangan dan kakinya akan berdarah karena paku.
  3. Inggris
    Perayaan Jumat Agung di Inggris dilakukan dengan mengelilingi kota. Pihak gereja akan membawa salib yang digunakan untuk simbol kematian dari Yesus. Selanjutnya iring-iringan dari masyarakat ini akan menuju gereja untuk mengikuti misa.
  4. Yunani
    Kalau perayaan Jumat Agung biasanya banyak dilakukan di gereja, di Yunani justru bertempat di makam yang disakralkan, Misa yang dilakukan di makam dilakukan untuk lebih mengingatkan masyarakat pada pengorbanan dari Yesus.
  5. Amerika
    Beberapa negara di kawasan Amerika Tengah dan Selatan menggelar perayaan Jumat Agung dengan mengarak patung-patung ke gereja. Patung ini simbol dari Yesus dan penderitaannya semasa disalip hingga meninggal dunia.
  6. Sebagian Besar Negara Dunia
    Perayaan umum di berbagai negara adalah melakukan perjamuan makan di gereja atau di rumah. Anak-anak juga diajak bermain dengan menghias telur atau membuat ornamen kelinci.
    Beberapa gereja dan umatnya juga lebih banyak melakukan kegiatan amal. Mereka melakukan pengobatan gratis, pembangunan rumah ibadah di kawasan terpencil, hingga membantu memberikan pendidikan.

Demikianlah ulasan tentang Jumat Agung 2019 yang diikuti dengan perayaan Paskah. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan selamat merayakan Jumat Agung 2019 bagi Anda yang merayakan.

Related HariLibur

jumat agung
Jumat Agung 2020
10 Apr 2020