Jumat Agung 2020 + Google Calendar

jumat agung

Jumat Agung 2020

 

Jumat Agung 2020 tahun ini akan dirayakan pada tanggal 10 April 2020 dimana perayaan tersebut merupakan peringatan dimana Tuhan Yesus disalib dan kematian-nya sebelum bangkit dari hari Paskah.

Jumat Agung atau yang juga dikenal dengan Good Friday adalah acara penting dari agama Kristiani di dunia termasuk di Indonesia, pada hari tersebut, Tuhan Yesus di salib dan meninggal dunia, kematian Tuhan Yesus tersebut juga bukan menjadi berita duka cita, melainkan berita suka cita dimana pengorbanan Tuhan Yesus untuk menyelamatkan umat-Nya.

Perayaan Jumat Agung terjadi setiap tahun di Indonesia, perayaan ini juga di-ikuti oleh perayaan Paskah pada saat hari Minggu, pada momen tersebut, umat Kristiani akan berkumpul di Gereja untuk beribadah dan menghabiskan waktu bersama keluarga untuk makan, mendekorasi telur, maupun melakukan kegiatan amal.

Perbedaan Jumat Agung Dengan Paskah

Selama ini banyak yang tidak mengetahui perbedaan Jumat Agung dan Paskah, banyak masyarakat Indonesia terutama yang non-Kristiani tidak tahu beda-nya antara dua hal tersebut, dua hal tersebut biasanya dianggap merupakan hal yang sama, padahal kedua hal tersebut adalah hal yang berbeda meski saling berurutan.

Jumat Agung adalah hari yang diperingati karena kematian Tuhan Yesus, memang kematian Tuhan Yesus tidak dicatat dengan jelas di Alkitab, tetapi berdasarkan analisis ilmiah, kematian tersebut diperkirakan pada hari Jumat pada tahun ke-33 Masehi, dan untuk tanggal jelas-nya masih belum diketahui.

Gereja di bagian Barat dan Timur yang ada di Eropa juga memiliki perbedaan terkait penanggalan Jumat Agung, perbedaan ini karena kedua gereja tersebut memakai kalender yang berbeda.

Sedangkan untuk Paskah, itu berarti adalah hari kebangkitan Tuhan Yesus, perayaan ini dilakukan setelah dua hari dari perayaan Jumat Agung, pada hari Minggu biasanya umat Kristiani akan berkumpul di Gereja untuk melakukan misa dan memperingati kebangkitan Tuhan Yesus dengan suka cita. Setiap tahun, penanggalan dari Jumat Agung dan Paskah tentu berbeda-beda, Gereja Katolik Roma akan merayakan antara tanggal 19 Maret sampai 22 April dan Paskah antara 22 Maret sampai 25 April.

Gereja Ortodoks Timur sendiri memperingati hari Paskah antara 4 April hingga 8 Mei, dan Jumat Agung antara 1 April sampai 5 Mei, tanggal tersebut disamakan sesuai kalender Gregorius.

Perayaan Jumat Agung di Indonesia

Perayaan Jumat Agung yang ada di Indonesia tidak memiliki ciri khas, masyarakat Kristiani biasanya akan menghabiskan waktu dengan keluarga dan kerabat di Gereja untuk berdoa dan melakukan misa. Biasanya pada acara ini juga akan ada pertunjukkan teatrikal mengenai penyaliban Tuhan Yesus.

Beberapa daerah di Indonesia yang memiliki masyarakat mayoritas Kristen dan Katolik akan merayakan hal tersebut secara meriah, pertunjukkan teatrikal biasanya akan digelar di panggung atau di jalanan.

Demikianlah ulasan mengenai Jumat Agung 2020 yang dibarengi dengan perayaan Paskah, dan semoga artikel ini bisa bermanfaat dan selamat Jumat Agung 2020 bagi anda yang merayakan-nya.

 

Related HariLibur

jumat agung 2019
Jumat Agung 2019
19 Apr 2019