Tahun Baru Imlek 2020 + Google Calendar

tahun baru imlek

Tahun Baru Imlek 2020

Tahun Baru Imlek 2020 ini menurut kalender China merupakan Tahun Baru China 2571. Tahun Baru Imlek sendiri memiliki ciri khas masing-masing dimana biasanya keluarga akan makan malam bersama keluarga dan akan saling berbagi angpao kepada mereka yang belum menikah.

Dan tentu saja di setiap tradisi Imlek, tradisi tersebut akan masih dilakukan, Tahun Baru Imlek atau Chinese New Year merupakan salah satu perayaan yang penting dilakukan di seluruh dunia terutama Tiongkok, karena perayaan ini memang dilakukan oleh orang yang berdarah Tiongkok atau China.

Perayaan tahun baru Imlek sendiri memang berbeda di setiap generasinya, di Indonesia sendiri memiliki pasang surut dimana perayaan tersebut sempat di larang dan hingga kini dijadikan Hari Libur Nasional.

Perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia

Masyarakat Tionghoa sendiri memang sudah masuk ke Indonesia sejak abad ke-5 Masehi, tetapi pada saat Presiden Soeharto menjadi Presiden Indonesia selama 32 tahun, perayaan Imlek hanya diperbolehkan di kawasan pecinan, tetapi saat tahun 1968 hingga 1999, perayaan tersebut dilarang sesuai dengan Instruksi Presiden No. 14 Tahun 1967.

Dan pada saat Gus Dur menjabat pada tahun 2001, beliau mncabut Instruksi Presiden tersebut karena menurut dirinya, hal tersebut tidak sesuai lagi.

Dua tahun berselang, Presiden Megawati akhirnya menjadikan Hari Raya Imlek sebagai Hari Libur Nasional dan Masyarakat Tionghoa mendapatkan libur selama satu hari untuk melakukan perayaan dengan keluarga mereka atau masyarakat yang ada dalam satu komunitas.

Dan setelah hal tersebut terjadi, Hari Raya Imlek menjadi sesuatu yang khas di Indonesia, beberapa kota besar maupun tempat hiburan mulai mengadakan perayaan dan pertunjukkan. Pusat perbelanjaan juga memasang ornamen Imlek sebelum hari Raya Imlek.

Tradisi Khas Tahun Baru Imlek

Tradisi Imlek sendiri berbeda-beda, tetapi di Indonesia memiliki beberapa tradisi yang umum:

  • Menyalakan Petasan

Petasan merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan dari tradisi Imlek di Indonesia dan juga dunia. Petasan ini digunakan sebagai salah satu penolak bala. Di berbagai negara memang petasan di larang, tetapi orang biasa menyiasati dengan menggunakan petasan elektrik yang hanya mengeluarkan bunyi kencang saja tanpa ada yang perlu di ledakkan.

  • Memberikan Angpao

Membagikan angpao adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari perayaan Imlek, biasanya anak anak atau orang yang belum menikah mendapatkan bungkusan amplop berwarna merah dan di dalamnya terdapat uyang.

  • Memakai Ornamen Merah dan Emas

Ornamen merah dan emas biasanya akan banyak mengisi rumah rumah yang peranakan Tionghoa, di pintu depan, tembok, dan hiasan di meja juga sama. Orang orang juga biasanya akan menggunakan pakaian khusus dengan warna merah saat di adakan makan malam bersama keluarga.

  • Makan Malam Keluarga

Makan malam keluarga adalah hal yang wajib dilakukan setiap perayaan Imlek, dan itu juga akan berlaku di Tahun Baru Imlek 2020 ini, semua anggota keluarga akan berkumpul untuk memakan makanan khas Imlek seperti mi panjang umur, yu sheng, dan telur yang dimasang menggunakan teh.

 

Dan untuk anda yang merayakan Tahun Baru Imlek di Indonesia, Selamat Tahun Baru Imlek 2020, Gong Xi Fa Cai !

Related HariLibur

Akhir Pekan Panjang Tahun Baru Imlek 2018
17 Feb 2018 - 18 Feb 2018
tahun baru imlek
Tahun Baru Imlek 2018
16 Feb 2018