Tahun Baru Masehi 2020 + Google Calendar

Tahun baru masehi 2020

Tahun Baru Masehi 2020

 

Pada tanggal 31 Desember 2019, semua orang di dunia akan bersiap untuk merayakan Tahun Baru Masehi 2020, dimana Tahun Baru Masehi tersebut jatuh pada hari Rabu, 1 Januari 2020.

Masyarakat di dunia selalu merayakan pergantian tahun tersebut sama seperti di setiap negara dimana mereka akan berkumpul bersama keluarga, teman, sahabat kantor entah itu berjalan-jalan ke luar negeri atau memilih tempat lain untuk menikmati malam pergantian tahun.

Tentu saja setiap pergantian tahun akan membuat setiap orang akan merayakan tersebut dengan terompet maupun topi untuk merayakan pergantian tahun.

Kebiasaan yang dilakukan di Indonesia juga biasanya memang dirayakan memakai beberapa atribut yang antara lain adalah:

  • Kembang Api

Kembang api merupakan salah satu tradisi yang tak bisa dilepas dari pergantian Tahun Baru Masehi, tetapi pemerintah daerah sudah banyak yang melarang untuk bermain kembang api, dan hal itu membuat biasanya kembang api hanya dimainkan di beberapa tempat umum atau pusat kota dimana yang menangani hal tersebut adalah orang yang sudah berpengalaman.

Orang biasanya akan pergi ke tempat yang ramai untuk dapat menikmati meriah dan indah-nya kembang api yang memiliki warna warna yang menarik.

  • Terompet

Terompet juga bagian yang tidak bisa dilepas dari tradisi tahun baru di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, sebelum pergantian Tahun Baru Masehi, banyak pedagang terompet akan berkeliling untuk menjual terompet mereka dengan bentuk dan model yang unik.

Tradisi ini sebenarnya hampir sama dengan tradisi Tahun Baru Imlek atau Tahun Baru China, yang membedakan adalah alat yang dipakai untuk membuat keramaian, apabila di China biasanya memakai petasan, maka di Indonesia menggunakan terompet, dan tentu saja dari sisi keamanan, terompet lebih aman dibandingkan petasan yang tentu saja berbahaya.

  • Berkumpul

Libur Tahun Baru Masehi tentu saja juga dipakai oleh setiap masyarakat Indonesia maupun seluruh dunia untuk berkumpul bersama keluarga mereka, mereka akan memiliki hari libur dan akan menghabiskan waktu mereka dengan keluarga mereka, mereka akan pulang ke rumah ataupun menginap di hotel ataupun tempat lainnya untuk dapat menikmati waktu bersama-sama keluarga mereka, dan tentu saja di moment seperti ini, berkumpul bersama keluarga akan menjadi hal yang indah bagi anda dan keluarga anda.

  • Pawai atau Konser

Beberapa pemerintah daerah biasanya akan menggelar pawai ataupun konser di tengah jantung kota, hal ini akan membuat rakyat berkumpul di pusat kota untuk merayakan konser dari beberapa artis maupun pawai yang tentu saja akan membuat warga atau masyarakat terhibur dengan acara yang tentu saja tidak dipungut biaya ini.

Tradisi Tahun Baru di Dunia

Selain Indonesia, ada juga beberapa negara yang merayakan Tahun Baru Masehi dengan meriah.

  • Spanyol, memakan 12 butir anggur sebagai simbol keberuntungan, 12 menyimbolkan jumlah bulan dalam satu tahun.
  • Denmark, masyarakat Denmark memiliki tradisi melempar barang pecah belah di depan pintu sendiri atau orang lain. Semakin banyak berang pecah belah yang dilempar, keberkahan akan didapatkan.
  • Jepang, masyarakat akan berkumpul di kuil untuk berdoa dan membunyikan lonceng sebanyak 108 kali. Lonceng ini adalah simbol keberuntungan yang akan didapatkan selama satu tahun ke depan. Setelah bergadang, esok paginya mi soba akan disantap untuk memulai hari yang penuh rezeki.
  • Rusia, menulis keinginan di kerta lalu dibakar sampai menjadi abu. Selanjutnya abu dicampur dengan air untuk diminum.
  • Siberia, membawa batang kayu lalu menceburkan diri ke danau yang membeku.

Dan untuk itu, kita harus ingat untuk berkumpul bersama keluarga untuk merayakan Tahun Baru Masehi. Selamat Tahun Baru Masehi 2020!

Related HariLibur

tahun baru masehi 2019